baik5. Belajar di Malaysia bukan Kebetulan

17 Februari 2009 at 19:03 1 komentar

Bismillah. 3000 orang Iran berada di Malaysia pada tahun 2009. Sebagian besar dari mereka adalah pelajar di perguruan tinggi di Malaysia. Perjalanan dari Iran ke Kuala Lumpur membutuhkan biaya RM3000, sedangkan perjalanan dari Banda Aceh ke Kuala Lumpur paling mahal RM200. Penulis yang sempat berkunjung ke Universitas Putra Malaysia melihat sendiri banyaknya populasi mereka disana. Mengapa pelajar dari Iran bersedia datang ke Malaysia? Apakah perguruan tinggi mereka tidak lebih baik dari perguruan tinggi di Malaysia?

Keberhasilan perguruan tinggi di Malaysia menarik minat mahasiwa asing untuk melanjutkan pendidikan disini, bukan suatu yang kebetulan. Beberapa faktor yang terlihat jelas berbeda dengan kondisi di Indonesia adalah: penggunaan bahasa Inggrish sebagai bahasa pengantar, peringkat perguruan tinggi di peringkat internasional, ketersediaan laboratorium yang memadai dan kualifikasi staf pengajar.

Bahasa Inggrish di Malaysia adalah bahasa percakapan. Pengemudi taksi atau penjual pakaian sekalipun dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik. Di Perguruan tinggi, bahasa Inggris dipergunakan dalam penyampaian mata kuliah dan penugasan-penugasan. Meskipun kadang bahasa melayu juga dipergunakan, namun itu bukan kebiasaan. Teknisi di laboratorium dan pegawai administrasi dapat berbicara bahasa Inggris dengan mahir. Buku teks dan “instructional manual” di laboratorium ditulis dalam bahasa Inggris. Hal tersebut memudahkan mahasiswa asing untuk berinteraksi di perguruan tinggi. Mereka umumnya telah menguasai bahasa Inggris sebelumnya di negara asal.

Akses terhadap informasi hampir tidak terbatas atau hampir sama dengan perguruan tinggi yang berada di negara maju, menjadikan perguruan tinggi Malaysia sebagai daya tarik yang paling penting. Penulis dapat membandingkan jumlah koleksi perpustakaan Monash University di Melbourne dengan Perpustakaan di Univeristas Malaya, hampir sama. Koneksi internet dengan kecepatan maksimal 100MBps dapat dimiliki oleh setiap mahasiswa dengan mendaftar pada bagian informasi universitas. Akses pada internet wireless dapat diperoleh hampir disemua tempat umum di kampus seperti kantin. Sejumlah journal international dari berbagai bidang ilmu seperti engineering, biology, social dapat diakses secara tidak terbatas melalui jaringan internet di kampus. Universitas membeli hak akses tersebut hampir 1 juta RM per tahun. Sciencedirect dan IEEE adalah penerbit journal yang cukup popular di kalangan mahasiswa. Perpustakaan juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memesan buku yang dibutuhkan bila tidak tersedia di perpustakaan.

Mahasiswa dapat melakukan riset dengan ketersediaan peralatan laboratorium lebih dari cukup. Pemerintah Malaysia mendukung sepenuhnya kegiatan riset di perguruan tinggi. Mahasisa program doktor di Universitas Malaya dapat memohon maksimal dana riset sebesar 90 ribu RM selama masa kuliah yang dibagi dalam 3 tahapan, masing-masing 30 ribu RM. Mahasiswa yang melakukan riset hampir tidak pernah mengeluh tentang tidak tersedianya peralatan di laboratorium. Hampir setiap semester dilakukan penambahan peralatan laboratorium dan penggantian peralatan laboratorium yang telah ketinggalan zaman.

Kualifikasi staf pengajar mendapat prioritas dalam pengembangan staf. Syarat yang ketat untuk memperoleh promosi pada jenjang dosen senior, professor madya atau professor penuh, memacu staf pengajar untuk memperbanyak artikel ilmiah yang ditulis. Kebanggaan staf pengajar dalam bentuk “berapa jumlah artikel ilmiah miliknya yang telah dimuat di journal international”. Jumlah artikel ilmiah yang berhasil di muat akan menentukan jenjang karir di perguruan tinggi. Riset yang dilakukan membuat mereka selalu “update” terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di bidang yang ditekuni. Sementara penghasilan mereka lebih dari cukup untuk membetahkan mereka di kampus. Dosen baru mendapat gaji RM3.000 per bulan dan Professor RM10.000.

Kegiatan kampus yang didukung oleh ketersediaan peralatan laboratorium yang selalu diperbaharui, perpustakaan yang lengkap dan staf pengajar yang berkualifikasi menjadikan perguruan tinggi di Malaysia menjadi pilihan yang cukup menarik untuk mahasiswa asing dari timur tengah, asia tenggara dan Africa. Bagaimana dengan biaya?

Biaya kuliah dan biaya hidup yang murah menjadikan Malaysia tujuan mahasiswa dari 77 negara di dunia.

Biaya kuliah di Malaysia jauh lebih murah dibandingkan dengan di Negara yang menyediakan fasilitas yang sama. sebagai perbandingan, pada tahun 2005 program doktor di Universitas Malaya hanya membutuhkan biaya USD400 per semester sementara Monash Univeristy meminta USD5000 per semester, pada tahun 2002. tahun 2005, Monash Universty berada pada peringkat 30 dunia dan Malaya Univeristy di tingkat 87.

Sewa kamar USD60 per bulan dan makan USD0.3 sekali makan, bukanlah harga yang mahal dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Asia seperti Jakarta atau Bangkok. Transportasi kota yang berintegrasi antara bus kota, Light Rail Transportation (LRT), Monorel dan Train menjadikan kota Kuala Lumpur mudah di jangkau dari semua tempat. Keteraturan, kebersihan, keindahan, keamanan dan “kemoderenan” kota-kota di Malaysia merupakan daya tarik tersendiri yang membuat perguruan tinggi di Malaysia diminati. Salam.

Entry filed under: Ada Rencana Perbaikan. Tags: .

poli6. Rencana Program Studi Baru. Ada Honornya.

1 Komentar Add your own

  • 1. ct_ana2020  |  2 Maret 2009 pukul 14:28

    gud article..;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Kalender

Februari 2009
S S R K J S M
« Jan    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Arsip


%d blogger menyukai ini: