kompu5. Virus juga Software

8 Februari 2009 at 20:19 Tinggalkan komentar

Bismillah. “Disini banyak sekali debu, ini yang membuat komputer saya terkena virus”, kata paman Penulis ketika ia sedang membuka penutup monitor untuk memperlihatkan kondisi komputernya yang terkena virus. Melihat penulis mengunjugi rumahnya ia berharap komputernya dapat dibersihkan dari virus. Mendengar kata-katanya, Penulis hanya terdiam dan terpikir bahwa pengetahuan kebanyakan pengguna komputer mengenai virus sangat tidak valid. Apa sebenarnya virus?

Kata “virus” awalnya dikenal secara biologi sebagai makhluk hidup yang sangat kecil yang merusak organ tubuh manusia dengan mengisap protein dalam sel untuk berkembang biak. Beberapa virus yang terkenal yang memasuki tubuh manusia seperti : virus influenza dan HIV. Sepertinya Bahasa Ingrish sudah tidak sanggup untuk melahirkan kosa kata baru untuk dunia komputer atau sesuatu yang menyangkut komputer. Kata “virus” juga digunakan dalam hubungannya dengan komputer. Virus yang dimaksudkan ketika berbicara tentang komputer, sama sekali tidak terkait dengan debu yang menyebabkan kita bersin atau terinfeksi virus influenza.

Kata “virus” dalam dunia komputer memiliki makna yang tersendiri yang tidak ada hubungannya dengan virus yang menyerang makhluk hidup. “kenapa dinamakan virus?”. Kesamaan penamaan ini terkait dengan tujuan dari keberadaaannya. Virus dalam dunia komputer dan virus dalam dunia makhluk hidup, keduanya mengakibatkan kerugian pada benda yang diinfeksi dengan merusak bagian yang dihinggapinya. Virus mahluk hidup hingga pada sel makhluk hidup. Virus komputer hinggap pada software komputer bukan pada hardware atau brainware.

Artikel komu3 telah menjelaskan bahwa virus adalah juga software yang mengganggu kerja software yang berguna untuk manusia. Software yang dihinggapi oleh virus seperti: Operating System, Microsoft Office dan lain-lain. bagaimanapun virus bekerja dengan tingkat ancaman yang berbeda, sehingga dapat dibedakan dalam tiga tingkatan: “low”, “medium” and “high”.

Tingkat ancaman “low” seperti memunculkan tulisan pada monitor: “jangan bekerja, hari ini hari minggu”, ketika kita sedang bekerja pada hari Minggu. Beberapa detik kemudian tulisan tersebut hilang dengan sendirinya. Virus jenis ini biasanya menyerang software pengolah kata seperti WS, WP atau Microsoft Office.

Kecepatan komputer berkurang dengan drastis bila terinfeksi virus degan tingkat ancaman “medium”. Ketika kita sedang mengunakan Microsoft Excel dengan tabel yang lumayan besar, untuk berpindah dari satu sel ke sel yang lain, kusor bergerak sangat lamban seperti memindahkan beban. Sofware tersebut mungkin telah terinfeksi virus dengan tingkat ancaman “medium”.

Virus “Brontok” yang terkenal di Indonesia pada tahun 1997 berhasil mengubah semua files dengan ekstension “doc” menjadi extension “exe”, dalam komputer Penulis. File ketikan Microsoft Word menggunakan ekstension “doc” dan file dengan ekstension “exe” adalah file aplikasi atau file untuk dieksekusi. Bagaimana ini bisa terjadi? Mengetahui bagaimana perubahan tersebut dapat dilakukan oleh suatu virus tidak terlalu penting dibanding mengetahui bagaimana membuang virus tersebut. Penulis tidak dapat lagi membuka file-file dokumen tersebut dengan software Microsoft Office meskipun nama file masih sama. Virus jenis ini disebut dengan virus tingkat ancaman “high” atau serius. Beberapa virus dengan tingkatan ancaman serius bahkan dapat merusak hardisk atau hardware.

Meskipun pada awalnya komputer diciptakan untuk mengantikan fungsi manual perkerjaan manusia, namun pada perkembangannya komputer juga dikenal seperi filsafat pisau. Pisau pada tangan ibu rumah tangga akan digunakan untuk memotong sayur-sayuran namun di tangan perampok pisau digunakan untuk menyakiti orang lain. Software komputer dibuat oleh orang jahat untuk tujuan merugikan orang lain dengan tingkat ancaman apapun seperti pisau ditangan perampok. Sementara itu orang-orang yang berniat baik telah membuat ratusan software yang bermanfaat untuk membantu kerja manusia. Salam.

Iklan

Entry filed under: Komputer bukan Keajaiban.

Batas6. Baca Alquran untuk Paham Batas7. Bukan Menikmati Gatal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Kalender

Februari 2009
S S R K J S M
« Jan    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Arsip


%d blogger menyukai ini: