nova3. Salah pilih atau tidak Berkualitas

21 Januari 2009 at 22:11 Tinggalkan komentar

Bismillah. “Pisau ini tidak berkualiatas” kata seorang ibu rumah tangga yang mata pisaunya patah setelah menetak tulang yang dibalut daging, untuk memasak sop. Ada lagi penjual penyaring air minum yang mengatakan bahwa peralatan yang dijual berkualitas standar atau kualitas tinggi, apa sebenarnya kualitas?

Kualitas adalah kemampuan sebuah alat untuk berfungsi seperti yang direncananakan. Umpamanya pisau yang digunakan oleh ibu rumah tangga tadi, sebelum digunakan seharusnya sudah harus diketahui, untuk apa fungsinya. Sebuah peralatan sekecil apapun saat direncanakan atau dibuat, oleh si perencana atau pembuat, mereka sudah membayangkan bagaimana alat itu digunakan atau difungsikan. Perencana atau pembuat pisau tersebut tidak membayangkan pisau itu digunakan untuk menetak daging yang dibalut tulang. Sementara itu, ada juga pisau yang direncanakan berfungsi untuk memotong dan menetak, tapi tidak dibeli oleh si Ibu. Dari contoh di atas, si ibu telah salah pilih pisau, bukan pisaunya yang tidak berkualitas. atau ada kemunginan si ibu lupa bahw a pisauitu tidak di buat untuk menetak.

Melihat makna kualitas secara lebih teknis, kualitas adalah level dari dimensi-dimensi yang dikaitkan dengan sebuah fungsi yang nyata. Untuk contoh pisau di atas, sebutlah kita hanya meninjau satu dimensi dari kumpulan dimensi yang terkait, “kekerasan” atau dikenal juga dengan “hardness”. Tingkat kekerasan pisau untuk memotong diberikan angka 7, sementara untuk fungsi memotong dan menetak diberi angka 9. Jika pisau tersebut tertulis angka 7, kita pergunakan seperti penggunaan pisau dengan level dimensi kekerasan 9, dan pisau itu rusak, bukan berarti tidak pisau tersebut tidak berkualitas, tapi penggunaan kita yang terlalu berat atau melebihi level dimensi tertulis. Perlu diketahui setiap alat yang dibuat memiliki level dimensi terbatas. Bisanya semakin tinggi level dimensi yang suatu alat, semakin mahal alat tersebut, karena proses pembuatannya yang lebih lama, dan membutuhkan lebih banyak tenaga. Si ibu rumah tangga salah pilih pisau, untuk fungsi yang diinginkannya.

Untuk promosi alat penyaring air yang dikaitkan dengan “kualitas standar”, salah satu fungsi yang dapat dijelaskan adalah ukuran partikel dalam air yang dapat tidak dapat dilalui melalui saringan, umpamanya 0.001 mikron. Jadi setiap partikel atau benda dalam air yang berukuran lebih besar dari 0.001 mikron tidak akan melewati saringan. Sehingga jika ada partikel berukuran 0.002 melewati saringan tersebut dikatakan bahwa, alat penyaring air tersebut tidak berkualitas.

Banyak sekali penggunaan kata kualitas dalam kehidupan sehari-hari yang sering tidak diketahui secara jelas, dimensi apa yang dikaitkan, namun agar kita tidak salah pilih, sebaiknya kita menanyakan kepada penjual apa fungsi sebenarnya dari peralatan yang kita akan beli, meskipun hanya sebuah pisau dapur. Atau yang lebih baik lagi mengetahui dimensi yang terkait dengan fungsi alat yang akan kita beli, dan meminta pada penjual alat, misalny bertanya: “berikan saya alat penyaring air yang dapat menyaring partikel lebih besar dari 0.001 mikron”. Semoga kita lebih tepat membedakan benda yang tidak berkualitas atau kita salah pilih jika mendapatkan alat yang kita gunakan menjadi rusak. Salam

Entry filed under: Biarkan Teknologi Berinovasi. Tags: .

baik3. Orang Malaysia Asli Asia rindu4. Kenapa Menulis? tidak bosan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Kalender

Januari 2009
S S R K J S M
    Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip


%d blogger menyukai ini: