poli2. Laboratorium Komputer. XT286 ATX486

12 Januari 2009 at 19:49 Tinggalkan komentar

Bismillah. Pagi itu, Awal Januari 1997, Penulis dipanggil oleh Direktur Politeknik ke ruangnya. Sebulan yang lalu, setelah mengikuti pelatihan prajabatan ala militer, dengan perasaan tenang, sehat, bersemangat dan gembira, Penulis masuk ke ruangan Direktur. Di ruangan telah duduk seorang dosen lain yang lebih tua dari Penulis. Direktur menugaskan Penulis untuk mejadi kepala UPT (Unit Pengelolaan Terpadu) Komputer menggantikan dosen tersebut. Penulis merasa gembira diberi tanggung jawab ini, karena Penulis memang punya hobi menghabiskan waktu dengan komputer. Selama ini beberapa komputer di Politeknik yang bermasalah khususnya di Jurusan Teknik Mesin, ditangani oleh Penulis.
Ruangan sebesar 50 m persegi, di lantai 3, gedung Induk, telah diisi dengan 22 buah computer. 20 buah adalah tipe XT286 dan 2 buah ATX486. Komputer XT286 di produksi oleh IBM pada tahun 1983, ini berarti laboratorium ini telah ketinggalan 14 tahun.
Penulis terkejut melihat kondisi fasilitas yang seperti itu. Setelah melakukan investarisir, ternyata komputer XT286 yang dapat dipergunakan hanya 16 buah dan hanya 1 jenis ATX486 yang yang dapat dipergunakan, karena yang satunya telah kehilangan RAM. Penulis kurang beruntung, karena tidak ada catatan tertulis mengenai kondisi laboratorium dari pejabat sebelumnya. Melihat kondisi seperti ini, Penulis menjadi lebih bersemangat untuk memperbaiki dan mengembangkan Laboratorium ini, meskipun dengan honor sebesar 75 ribu rupiah sebulan. Selama ini mahasiswa diajarkan pemograman “basic”, program aplikasi WordStar, dan Lotus, yang dibimbing oleh dosen dari masing-masing jurusan.
Kondisi laboratorium computer Politeknik saat itu, jauh dari kondisi laboratotium fakultas teknik Unsyiah pada tahun 1994, dimana semua komputer sudah menggunakan ATX486 dengan Operating system Windows 3.11. Program aplikasi CAD dan Microsof Office juga telah tersedia. Penulis juga ingat pada tahun 1993 melakukan kerja praktek di PT Caltex Pacific Indonesia, dan tahun 1995 mengikuti management trainee di PT Semen Andalas Indonsia. Komputer-komputer di kedua industri tersebut telah mengunakan ATX.
Setelah inventarisir selesai, Penulis membuat proposal pengembangan UPT. Total pengembangan dalam proposal mencapai 100 juta rupiah. Dalam proposal tersebut, semua computer XT286 akan diganti dengan ATX, pembelian plotter untuk CAD, penggantian Program aplikasi Office dan beberapa fasilitas lainnya. Proposal tersebut diberikan kepada Pembantu Direktur II bidang keuangan. Beliau menyarankan penulis untuk menaikkan harga yang tercantum di proposal untuk pajak, penulis yang belum mengerti sepenuhnya masalah keuangan, mengikuti petunjuk beliau untuk menaikkannya. Dari informasi yang penulis peroleh, nilai pajak yang harus ditambahkan adalah 15%, jadi total budget proposal menjadi 115 juta rupiah. Pada pertemuan yang kedua, Direktur II, masih belum setuju dengan kenaikan hanya sebesar 15%, menurutnya masih perlu di naikkan lagi untuk “hal-hal lain”. Penulis yang tidak mengerti akan hal ini akhirnya memberikan proposal tersebut kepada beliau untuk beliau yang menaikkannyan. Beliau menulis sebesar 160 juta rupiah. Penulis tidak menanyakan lagi latar belakang perhitungan seperti ini.
Menjelang pertengahan tahun 1997, penulis mendapat kesempatan untuk melanjutkan studi magister ke Surabaya, tugas sebagai Kepala UPT komputer diserah terimakan kepada dosen yang lain. Menurut Direktur Politeknik, saat itu, proposal tersebut akan ditindak lanjuti, namun bukan menulis yang akan melanjutkan. Penulis berfikir, tidak ada yang salah dengan penggantian bukan? Salam

Entry filed under: Jejak di Politeknik. Tags: .

kompu2. Anatomi Komputer baik2. Pendidikan Tinggi Orientasi Pasar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Kalender

Januari 2009
S S R K J S M
    Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip


%d blogger menyukai ini: